Visi dan Misi

A. Visi

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu serta melihat latar belakang dan mencermati isu yang berkembang, maka visi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu adalah sebagai berikut :

“Terwujudnya Ketersediaan Dan Keamanan Pangan Hewani Yang Aman Sehat Utuh Dan Halal (ASUH)”

Selayaknya memang visi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu seiring sejalan dengan visi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mempunyai tanggungjawab untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat Provinsi Bengkulu dengan memfasilitasi penyediaan bahan pangan yang berasal dari ternak yang cukup kualitas dan kuantitas serta Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Harapan tersebut akan terwujud melalui pembangunan peternakan dengan pendekatan agribisnis dan agroindustri. Pembangunan peternakan dengan orientasi usaha peternakan rakyat dipandang tepat karena sampai dengan saat ini produksi ternak di Provinsi Bengkulu masih didominasi dari produksi peternakan rakyat. Sementara itu usaha peternakan yang dikelola swasta masih belum berkembang.

B. Misi

Untuk mewujudkan visi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu yang telah ditetapkan, akan tercapai dengan menetapkan misi sesuai dengan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh organisasi dan bagaimana organisasi memenuhi kebutuhan tersebut.

Adapun Misi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, sebagai berikut.
1. Meningkatkan ketersediaan pangan asal ternak yang berkualitas
2. Meningkatkan derajat kesehatan hewan dan penjaminan produk hewan yang ASUH.
3. Menambah nilai tambah dan daya saing produk peternakan
4. Meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pelayanan

Penyusunan Misi tersebut mempertimbangkan kebutuhan masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya dan Nasional pada umumnya akan tersedianya produk ternak dan hasil ternak yang mutunya terjamin, bebas penyakit dan mempunyai daya saing tinggi.

Semua aspek yang terkandung dalam misi tersebut adalah sebagai upaya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu untuk menjaga kecukupan pangan asal ternak (daging, telur dan susu) di Provinsi Bengkulu baik kualitas maupun kuantitas dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.